Selasa, September 25, 2012

Kenapa Ada 4 Jenis Golongan Darah?

Bila semua manusia berasal dari satu keturunan Adam dan Hawa, tentunya hampir semua manusia memiliki kemiripan. Lalu mengapa ada perbedaan yang terjadi dalam tubuh manusia terutama pada golongan darah? ...

Variasi atau perbedaan genetik akan menjadi faktor utama untuk menjelaskan pertanyaan ini. Penjelasan yang sama untuk menerangkan mengapa ada warna mata, kulit dan rambut yang berbeda dari setiap populasi manusia.

Dilansir dari Health2009, Rabu (29/9/2010), Adam diperkirakan merupakan makhluk yang auto-reproduksi dengan fisi biner (menghasilkan keturunan yang sama persis tanpa pembedaan), seperti yang terlihat pada beberapa hewan tingkat rendah dan tumbuhan.

Ketika Adam menghasilkan keturunan dari Hawa, yaitu wanita yang pertama diciptakan, memungkinkan terjadinya kombinasi dan juga silang materi genetik, sebagaimana terjadi pada fase meiosis (pembelahan yang terjadi pada fase reproduksi seksual), sehingga terjadilah perbedaan atau variasi gen pada keturunannya. Selama evolusi banyak permutasi dan kombinasi gen berbeda terjadi, hingga mencapai suatu kondisi yang akhirnya dapat membedakan berbagai golongan darah manusia.

Manusia mewarisi jenis darah dari masing-masing orangtuanya (bersifat turunan atau inherited). Terdapat gen dari kromosom yang berbeda pada jenis darah. Selain itu, jenis protein, glikoprotein dan glikolipid juga ditemukan pada permukaan sel darah merah yang menggambarkan jenis darah.

Karl Landsteiner menggambarkan jenis darah inventif (A, B dan O) pada tahun 1900 dan dokter segera mengakui sistem darah 23 golongan pada ratusan jenis berbeda, seperti antigen dan antibodi. Dan sekarang, ada empat golongan darah yang dikenal populer, yaitu A, B, AB dan O. Penunjukan ini mengacu pada gula (A, B dan O) yang ditemukan pada permukaan sel darah merah manusia.

Tapi perbedaan golongan darah hingga kini merupakan salah satu misteri alam. Sebagai individu manusia, masing-masing memiliki gen, bentuk tubuh, golongan darah dan banyak lagi yang berbeda. Ini merupakan keajaiban kehidupan. Belum ada ilmuwan yang mampu menjelaskan secara pasti mengapa ada 4 jenis golongan darah yang berbeda pada manusia. Ilmu pengetahuan pun tidak bisa menjelaskan sepenuhnya apa yang terjadi di alam. Tapi manusia dituntut untuk terus mempelajari ciptaan-Nya.

Sumber


Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 9/25/2012 02:50:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror