Kamis, September 27, 2012

Tradisi Sumbat Hidung Suku Apatani


Tradisi Sumbat Hidung Suku Apatani. Tradisi yang unik dari suku Apatani yaitu tradisi untuk menutup/menyumbat lubang hidung bagi para wanitanya. Tradisi ini sangat terkenal dan sudah berlaku turun temurun. Mungkin juga merupakan satu-satunya suku dengan tradisi menyumbat lubang hidung kaum wanitanya.

Apatani adalah satu dari sekian banyak suku di dataran tinggi Apatani Indian, yang memiliki sekitar 60 ribu anggota. Selain tradisi sumbat hidung, suku Apatani juga terkenal karena pertanian mereka sangat efisien, tanpa menggunakan tenaga binatang atau mesin.

Suku Apatani tidak memiliki catatan tertulis tentang sejarah tradisi ini. Tradisi ini hanya diwariskan secara lisan, dari generasi ke generasi. Sebagian besar sumbat hidung tradisional Apatani ini dipakai oleh wanita tua pada suku tersebut.


Menurut masyarakat Apatani, sumbat hidung itu merupakan cara untuk melindungi wanita-wanita suku Apatani yang selalu dianggap paling cantik di antara suku-suku Arunachal, karena desa mereka terus-menerus diserbu oleh suku-suku tetangga dan para wanita itu lantas diculik. Untuk membuat diri mereka tidak menarik bagi suku-suku lainnya, maka wanita Apatani mulai menyumbat hidung dan mentato wajah mereka dengan garis horizontal, dari dahi hingga ke ujung hidung serta lima garis di dagu mereka.

Namun, karena perkembangan jaman, para wanita Apatani yang lahir sejak tahun 1970, sudah tidak meneruskan tradisi sumbat hidung lagi.

Sumber
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 9/27/2012 07:44:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror