Senin, September 24, 2012

Gletser Terakhir Indonesia akan Meleleh dalam Beberapa Tahun

Foto tak bertanggal ini dirilis oleh Papua Proyek Freeport-McMoRan menunjukkan gletser di Puncak Jaya, pegunungan di Indonesia timur. "Gletser ini sedang sekarat," kata Lonnie Thompson, salah satu glaciologists dunia yang paling berhasil, Rabu, 30 Juni 2010, setelah menjalani sebuah perjalanan 13 hari ke Puncak Jaya, puncak yang jarang dikunjungi bahkan oleh suku setempat. "Sebelumnya saya berpikir gletser disini masih bisa bertahan dalam beberapa dekade, tetapi sekarang saya mengatakan gletser ini akan sirna dalam hitungan tahun." (AP Photo / Papua Freeport McMoran Proyek)

(AP) - Lonnie Thompson menghabiskan bertahun-tahun mempersiapkan ekspedisinya ke tempat terpencil, diselimuti kabut-pegunungan di Indonesia timur, berharap melihat kronik pengaruh pemanasan global terhadap gletser terakhir yang masih tersisa di kawasan Pasifik. Dia khawatir dia sampai di sana terlambat.

Bahkan saat ia memasang kemahnya di atas Puncak Jaya, es itu mencair di bawahnya.

Gletser setinggi 3-mil (4.884 meter) ditumbuk oleh hujan setiap sore selama 13 hari perjalanan tim, sesuatu yang tidak pernah dialami ilmuwan Amerika dalam tiga dekade ini. Dia berbaring terjaga di malam hari mendengarkan air mengalir di bawahnya.

Pada saat mereka siap untuk pulang, es yang menutupi sekitar perkemahan mereka meleleh dengan mengejutkan sekitar 12 inci (30 cm).

"Gletser ini sedang sekarat," kata Thompson, salah satu glaciologists dunia yang paling berhasil. "Sebelumnya saya berpikir gletser disini masih bisa bertahan dalam beberapa dekade, tetapi sekarang saya mengatakan gletser ini akan sirna dalam hitungan tahun."

Thompson telah memimpin 57 ekspedisi seperti ini di 16 negara di seluruh planet ini, dari Cina ke Peru.

Tapi bagi dia, gletser Papua, karena mereka berada di sepanjang pinggiran laut dunia paling hangat dan bisa memberikan petunjuk tentang pola-pola cuaca regional, adalah gletser yang belum dijelajahi "missing link."

Ini adalah wilayah yang menghasilkan gangguan badai El Nino dan mempengaruhi iklim dari monsun India sampai kekeringan di Amazon.

Dengan demikian, ini adalah salah satu dari "hanya arsip" tentang kisah fenomena khatulistiwa, kata Michael Prentice dari Indiana Geological Survey, yang telah lama tertarik di daerah tersebut. Hal ini juga bisa menjadi acuan pada apa yang akan dihadapi milyaran orang di Asia.

Es yang menutupi sebagian besar Papua ribuan tahun yang lalu hari ini hanya memiliki lebar 1 mil persegi (2 kilometer persegi) dan dalam 32 meter.

Gletser di seluruh dunia sedang dalam ancaman, dengan kerugian besar sudah terlihat di banyak Alaska, Pegunungan Alpen, Andes dan berbagai rentang lainnya. Apa yang membuat Puncak Jaya berbeda, selain letaknya di Pasifik, adalah betapa sedikitnya yang diketahui tentang wilayah ini.

Izin untuk penelitian di Papua sulit untuk didapatkan, sebagian karena pemerintah Indonesia sangat sensitif terhadap pemberontakan daerah. wartawan asing pun dilarang dan kelompok kemanusiaan dibatasi.

Hal ini juga salah satu sudut paling terpencil dari negara kepulauan yang luas.

Pertambangan AS perusahaan Freeport-McMoRan, yang beroperasi di dekatnya, membantu airlift tim untuk ketinggian Puncak Jaya dengan helikopter, bersama dengan empat ton peralatan - dari sistem bor elektromekanis dan panas, untuk radar diperlukan untuk peta batuan yang mendasarinya, kata salah satu karyawannya , Scott Hanna.

Di sana, glaciologists akan membantu menganalisis lapisan es dengan lapisan melalui abad terakhir.

Bintik-bintik debu, jatuh musiman, memungkinkan mereka untuk menghitung mundur tahun, seperti lingkaran pada pohon. Isotop oksigen, di menit gelembung udara terperangkap dalam es, berbeda dengan suhu membantu peneliti memahami bagaimana kuno cuaca bergeser.

"Saya hanya berharap kami tidak terlambat," kata Thompson, menambahkan bahwa selain meleleh dari atas, kemungkinan air merembes ke dasar gletser, meninggalkan mereka dengan catatan terbatas dari bagian waktu.

"Tapi tetap, yang memiliki lapisan horisontal sepanjang jalan yang dilalui, jadi saya pikir kami mampu menyelamatkan setidaknya sedikit sejarah iklim," kata Thompson dari Ohio State University, yang ikut ekspedisi dikoordinasikan dengan Dwi Susanto dari Columbia Universitas.

Selain itu, tim juga berharap untuk menemukan abu vulkanik dari letusan masa lalu (1883 ledakan Krakatau dan Tambora tahun 1815 akan membantu menjadi jadwal), jelaga dari kebakaran hutan, serbuk sari, tanaman puing dan bahkan mungkin binatang beku.

Citra satelit dan foto udara sudah lama menunjukkan gletser mencair dengan cepat.

Gunung ini telah kehilangan sekitar 80 persen dari es sejak 1936 - dua-pertiga dari sejak ekspedisi ilmiah terakhir pada awal tahun 1970.

Thompson mengatakan ia berpikir suhu meningkat dua kali lebih cepat di tempat yang tinggi pada permukaan bumi, yang, jika benar, bisa memiliki implikasi yang luas pada orang yang bergantung pada gletser air selama musim kemarau, seperti di pegunungan Himalaya.

Geoffrey Hope, seorang profesor di Universitas Nasional Australia yang ikut ambil bagian dalam ekspedisi ke Puncak Jaya 1971, mencatat bahwa Papua memiliki wilayah pegunungan paling basah di dunia, tingkat curah hujan begitu tinggi sudah bukan sebagai kejutan besar lagi.

Namun, pengalaman sendiri itu jelas berbeda.

"Atap tenda marque kami jatuh pada tengah malam karena keberatan salju," ingat dia, "dan semua air yang berasal dari gletser akan membeku pada pukul 20:00 setiap malam."


Sumber
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 9/24/2012 07:59:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror