Sabtu, Oktober 20, 2012

Baumgartner Pecahkan Rekor Terjun Payung dari Ketinggian 39 KM

New Mexico - Sebuah catatan sejarah diukir Felix Baumgartner yang berhasil terjun dengan selamat dari ketinggian 39 Km. Warga Austria itu terjun dengan kecepatan maksimal 1.342 km/jam.

Pria berusia 43 tahun itu terjun dari sebuah balon di ketinggian 128.100 kaki atau sekitar 39 km di atas New Mexico. Seperti dilansir dari BBC, Senin (15/10/2012), ini adalah rekor terjun payung tertinggi yang pernah ada.

Ia mengaku hampir gagal menukik karena helmnya tertutup kabut. Butuh waktu 10 menit bagi Felix untuk turunnya. Hanya beberapa ribu kaki terakhir ia menggunakan parasut. Ia berhasil menyentuh tanah, bersimpuh di kakinya dan mengepalkan tangan penuh kemenangan. Helikopter tim penyelamat datang kemudian.

"Saya katakan kepada Anda- ketika saya berdiri di puncah dunia, Anda menjadi sangat rendah. Anda tidak lagi berpikir tentang memecahkan rekor lagi, Anda tidak berpikir untuk mendapatkan data-data ilmuwan, satu-satunya yang Anda inginkan adalah kembali hidup-hidup," katanya dalam sebuah konferensi pers.
Pada awalnya, terdapat kekhawatiran saat awal penerjunan bahwa Felix akan mendapatkan masalah. Ia seharusnya berada di posisi delta -kepala dibawah, lengan berlekuk di belakang - segera setelah ia keluar dari kapsul. Video menunjukkan ia terguling-guling. Namun ia dapat menggunakan pengalamannya dari lebih 2.500 kali penerjunan, untuk mengkoreksi kejatuhannya itu dan berada pada posisi yang stabil.

Bahkan sebelum drama ini, ada pemikiran misi tersebut dibatalkan. Karena saat dilakukan pengecekan terakhir di dalam kapsul, ia menemukan pemanas untuk helmnya tidek bekerja. Ini berarti helm akan beruap selama ia bernafas.

"Ini sangat serius Joe," ujarnya kepada pensiunan Angkatan Udara AS, Joe Kittinger.

Kittinger mencatat rekor terjun payung tertinggi, terjauh dan terpanjang ketika dia keluar dari pembungkus helium pada tahun 1960. Ketika itu, Kittinger mencapai ketinggian 31 Km, dengan penerjunan mencapai 4,5 menit sebelum mengembangkan parasutnya. Sementara Felix terjun 29 Km dengan jangka waktu 4 menit dan 20 detik.
(ASR/ASR)

Sumber:http://kabarcepat.com/2012/10/15/felix-baumgartner-berhasil-terjun-selamat-dari-ketinggian-39-km
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 10/20/2012 09:19:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror