Rabu, Oktober 24, 2012

Makam Bergoyang Gegerkan Sulteng


Warga Desa Toboli, Kabupaten Parigi-Moutong di Sulawesi Tengah dalam lima hari terakhir heboh. Masyarakat kaget dan dibingungkan peristiwa yang tak lazim di makam desa. Tanah tempat Dimalia, satu warga Desa Toboli dikubur terus bergoyang dan tumbuh naik.

Kabar kubur bergoyang di Desa Toboli itu dengan cepat tersiar keluar desa. Ratusan warga dari berbagai desa tetangga berduyun-duyun mendatangi TPU Desa Toboli. TPU itu sendiri sekitar 20 kilometer barat kota Parigi, ibukota Parigi-Moutong. Atau sekitar 54 kilometer timur laut Palu.
Hingga Kamis sore TPU Desa Toboli masih ramai dikunjungi warga. Kubur bergoyang itu adalah makam almarhum Dimalia (57), warga desa setempat. Dan masih menunjukkan keanehan.

“Dilihat sepintas kuburan itu tidak menunjukkan keanehan jika dibandingkan dengan kuburan lain di sekitarnya. Namun setelah didekati, makam yang berukuran 1,5 X 1 meter ini menujukkan kondisi tanah di sekeliling bergerak-gerak ibarat berada di atas lumpur,” kata Iqbal (32), warga Parigi.

Ia menjelaskan, kontur tanah di makam almarhum Dimalia tersebut jika ditekan akan bergoyang ibarat sebuah balon yang diisi dengan air. Kondisi inilah yang kemudian menghebohkan warga, karena kondisi tanah di pemakaman umum tersebut adalah tanah keras.

“Anehnya lagi, tanah kuburan Dimalia sebelumnya telah beberapa kali diratakan namun keesokan harinya tanah itu kembali membumbung,” ujarnya.

Raflan, salah seorang putra almarhum Dimalia, mengatakan keanehan itu sudah terjadi saat proses pemakaman pada Ahad pekan lalu (3/2). Beberapa warga yang tengah mengurug tanah untuk menimbun makam keheranan karena merasa tanah yang dipadatkan terus bergoyang-goyang.

“Kami sudah berulangkali memadatkan tanahnya, namun tidak berhasil. Sebab sehari kemudian membumbung lagi,” katanya.

Raflan menambahkan, seluruh anggota keluarga tidak pernah mengalami peristiwa yang aneh seputar kejadian tersebut.

“Pihak keluarga terpaksa hanya memagari kuburan tersebut dengan tujuan tidak mendapat gangguan dari pengunjung,” katanya.

Ket: gambar hanya ilustrasi

Sumber:http://gulangsari.wordpress.com/2008/06/11/tanah-makam-bergoyang-gegerkan-sulteng/
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 10/24/2012 07:43:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror