Selasa, Februari 12, 2013

5 Jembatan Terpopuler di Dunia

Keberadaa sebuah Jembatan bukanlah semta-mata berfungsi sebagai penghubung antara dua wilayah atau dataran terpisah , tetapi juga berfungsi sebagai infrastruktur bagi transportasi guna memperlancar aktifitas masyarakat dan guliran roda perekonomian. Namun demikian, pembangunan sebuah jembatan adakalanya juga diembel-embeli demi semacam entitas atau gengsi, atau demi mendapatkan kepuasan dari segi arsitektur, sehingga jembatan dibangun seindah dan semegah mungkin. Karena tujuan ini, maka berdiri lah jembatan-jembatan yang menurut penilaian orang sangat indah, sehingga terkenal hingga seluruh dunia.

Seperti dikutip Mionline dari laman touropia.com, ini lah jembatan-jembatan paling terkenal di dunia.

1. Ponte Vecchio

(bahasa Italia: Ponte Vecchio (ˈpɔnte ˈvɛkkio yang berarti jembatan lama) melintasi Sungai Arno penghubung Lungarno dan Oltrarno yang dibangun pada 1345 oleh Taddeo gaddi adalah sebuah jembatan yang paling terkenal di Kota Florence Italia, jembatan ini sebenarnya lebih dari sebuah jembatan karena pada jembatan terdapat jalan dan pertokoan pula.

2. Golden Gate Bridge

Jembatan Golden Gate adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Dia menghubungkan kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Panjang jembatan keseluruhan 2.727 m, jarak antara menara adalah 1.280 m, dan ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air.

3. Millau Bridge

Seolah ada banyak kabel putih di Millau Bridge. Tiang-tiang tinggi (343 meter) pun dipasang sebagai penopang yang sangat kuat. Banyak wisatawan yang terkagum-kagum dengan pesona yang ditawarkan di sebuah jembatan di atas Sungai Tarn ini.

4. Tower Bridge

Jembatan Menara (bahasa Inggris: Tower Bridge) adalah jembatan yang membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Letaknya yang berdekatan dengan London Tower membuat jembatan ini diberi nama Tower Bridge. Jembatan ini selesai dibangun tahun 1894, dan merupakan salah satu ikon kota London. Jembatan Menara adalah salah satu jembatan yang dimiliki dan dikelola oleh Bridge House Estates, sebuah lembaga amal dari City of London Corporation.

Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki. Dari koridor untuk pejalan kaki yang berada 42 meter di atas Sungai Thames, pengunjung dapat menikmati keindahan kota London dari atas. Pemandangan yang bisa dilihat termasuk di antaranya Katedral St. Paul, pusat bisnis dan belanja Canary Wharf, dan London Eye.

5. Charles Bridge

Charles Bridge terkenal dengan gaya Gothic-nya yang berdiri di atas Sungai Vltava, Praha, Republik Ceko. Jembatan ini dibangun atas perintah Raja Charles IV pada 1357 dan baru selesai pada awal abad ke-15.

Charles Bridge menjadi jalur perdagangan yang paling penting untuk wilayah Eropa Timur dan Eropa Barat, sekaligus penghubung antara Kota Tua dan daerah sekitar Kastil Praha. Saat ini Charles Bridge cukup ramai pengunjung, pelukis atau pun pedagang.
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 2/12/2013 01:59:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror