Kamis, April 18, 2013

9 Penyakit Berbahaya Yang Ditularkan Hewan

Penyakit di duniaa ini kan banyak banget. Ga sedikit loh yang ternyata ditularkan hewan pada manusia. Kita mesti hati-hati nih karena beberapa penyakit ini kita jumpai di Indonesia dan ditularkan oleh hewan kesayangan kita juga bisa loh. Mau tau apa aja penyakitnya? Baca lanjutan nih artikel nya.

1. Trypanosomiasis
penyakit ini menginfeksi manusia melalui gigitan serangga. Penyakit ini biasa ditemui di Afrika dengan jumlah infeksi yang mencapai 10 juta orang. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan lalat tse-tse. Biasanya lalt ini menggigit hewan ternak para penduduk, akibatnya banyak hewan yang mati. Jika lalt ini menggigit mjanusia akibatnya juga sama fatalnya. Ada dua macam penyakitnya nih yang pertama disebabkan oleh lalat tse-tse nah yang kedua ini disebabkan oleh serangga pembunuh Afrika yang istilahnya kissing atau assassin bug. Kalau mau ke afrika jangan lupa bawa lotion anti serangga. Heheheehe…

2. Malaria
malaria
mestinya kita ga boleh ngeremehin ini penyakit karena kita bisa mati ko’it kalau sampe kena infeksinya. Kita semua udah pada tau kan kalau serangga yang membawa penyakit ini adalah nyamuk yang umumnya hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Setiap tahun banyak anak kecil yang mati gara-gara penyakit ini. Dan penderitanya akan terus tergantung pada obat seumur hidupnya karena terdapat parasit di dalam tubuhnya.

3. Anthrax
anthrax pesticide
Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit mulut dan kuku. Bakteri penyakit ini mampu hidup dalam daging hewan yang bisa kita makan. Cara satu-satunya untuk menghilangkan dan mencegah penyebaran penyakit ini yaitu dengan pemusnahan. Jadi semua hewan yang terinfeksi akan dibunuh dan dikubur agar tidak menular ke hewan yang lain.
Hewan yang terinfeksi bakteri ini kan mengalami keracunan darah, pneumonia dan akhirnya mati. Ciri-ciri utama penyakit ini adalah adanya luka di bibir dan kukunya. Penyakit ini bisa menular ke manusia melalui daging yang dikonsumsi dan juga udara atau kotoran hewan tsb. jadi, kita mesti hati-hati nih kalau mau milih daging apalagi daging yang dijual di pasaran.

4. Flu burung
flu burung
ini penyakit yang paling sering kita dengar di Indonesia karean memang sempat menjadi tempat penyebaran dan mengakibatkan banyak nyawa yang melayang. Virus lah yang menjadi penyebab penyakit ini. Virus ini bisa menyebar melalui udara dan kontak dengan penderita atau hewannya. Seperti namanya, penyakit ini menyerang unggas dan telurnya. Kalau ingin selamat ya kita mesti masak tuh telur dan daging unggas bener-bener mateng. Virus yang menyebabkan penyakit ini namanya H5N1. inget-inget himbauan pemerintah ya kalau ada ayam atau burung yang mati mendadak. heheheeh…

5. Rabies
rabies
penyakit ke lima yang ditularkan oleh hewan pada manusia adalah rabies. Rabies yang biasa juga disebut dengan nama anjing gila ini bisa mngakibatkan hilangnya nyawa manusia karena menyerang system saraf pusat kita. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini biasanya menyerang hewan yang memilki darah panas alias mamalia seperti kucing dan anjing. Jadi buat loe yang punya kucing dan anjing jangan males meriksain dan kasih vaksin biar ga kena rabies jadi bisa main bareng-bareng lagi deh…hehehehehe…

6. Demam berdarah
nyamuk demam berdarah
ini juga penyakit yang sering kita jumpai di Indonesia. Ini penyakit disebabkan oleh nyamuk aides aigepty. Demam ini sering kali di samakan dengan demam biasa padahal beda jauh. Dengan fasenya yang juga disebut denagn fase pelana kuda kita harus waspada dengan penyakit dan demam ini. Ternyata penyebab penyakit ini adalah virus. Satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran virus ini yaitu dengan membasmi nyamuknya. Mau tau caranya? Ingat 3m! hehehehe…

7. Penyakit PES
penyakit pes
PES, gue yakin loe udah pada pernah denger nih penyakit sebelumnya kan? Yup penyakit ini ditularkan oleh tikus pada manusia sebenarnya ga Cuma tikus aja sih tapi hewan pengerat yang lain juga. Bakteri yang menjadi penyebab penyakit ini punya nama yang sangat indah, Pasteurella pestis. Proses penyebaran dan asal mula penyakit ini belum diketahui sampe sekarang. Ada yang bilang kalu penyakit ini awalnya disebarkan oleh tentara mongol yang menyerbu Eropa. Ada juga yang bilang kalau penyakit ini dibawa para pedagang yang berasal dari India.

8. Flu babi atau swine flu
flu babi
Penyakit ini disebabkan oleh virus H1N1. satu-satunya cara mencegah penularan penyakit ini yaitu dengan pemusnahan. Virus ini berasal dari spanyol yang disebut dengan Spanish flu. Penyakit ini menyerang hewan ternak, biasanya babi. Hewan ini juga disebut-sebut sebagai perantara antara penyakit hewan dan manusia karena di dalam tubuh hewan inilah virus-virus itu berevolusi sehingga berhasil menyerang tubuh manusia. Beberapa hali menyarankan untuk menghindari daging mentah dan berada di dekat peternakan agar terhindar darei infeksi virus.

9. Bubonic plaque
Bubonic plague
Penyakit ini pernah menjadi salah satu penyakit paling dahsyat di eropa karena telah menghilangkan nyawa 50 juta orang gara-gara wabah ini. Wabah ini juga disebut dengan “Black Death” di Eropa. lainnya. Gejala penyakit ini adalah adanya bengkak dan kemerahan di ketiak dan daerah lipatan tubuh manusia lainnya kemudian penderita akan mengalami sakit kepala yang hebat dan disertai dengan demam yang sangat tinggi. Yah, itulah beberapa penyakit yang ditularkan oleh hewan-hewan yang berada di sekitar kita. Kita harus waspada dan menjaga kebersiahn karena umunya hewan yang menginfeksi kita dengan beragam penyakit adalah masalah sanitasi.
Sumber

Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 4/18/2013 06:23:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror