Sabtu, Maret 08, 2014

Mengejan Berbahaya Untuk Kesehatan!


Mengejan sering dilakukan kala sulit buang air besar (BAB). Kalau sesekali terjadi itu masih wajar, namun jika hampir setiap hari harus mengejan saat BAB tentu ada yang salah. Hal ini akan memberikan tekanan berlebihan pada perut yang bisa berakibat turunnya beberapa organ pencernaan. Seperti disarikan dari about.com, berikut adalah penyakit yang bisa ditimbulkan akibat mengejan terlalu sering.

1. Rektum turun. Rektum merupakan ujung dari usus besar dekat anus. Bila terjadi peningkatan tekanan di perut, maka rektum bisa turun ke anus yang disebut dengan rektum turun atau prolaps rektum. Kondisi ini bisa mengakibatkan inkontinensia tinja (ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar), dan solitary rectal ulcer syndrome (borok atau luka menumpuk di sekitar dubur)

2.Ambeien atau wasir. Ambeien adalah lapisan selaput lendir di daerah lubang anus yang menjadi lemah dan kendur akibat seringnya mengejan saat BAB. Untuk mencegah penyakit ini dokter selalu menyarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat agar dapat BAB secara teratur.

3. Hernia. Penyakit ini terjadi ketika otot di selangkangan melemah sehingga dapat menyebabkan usus menonjol di pangkal paha. Tanda awal biasanya terlihat tonjolan di daerah selangkangan. Hernia paling sering disebabkan karena lemahnya otot. Namun hal tersebut juga bisa dipicu oleh seringnya mengejan pada saat BAB.

4. Rahim turun. Ini biasanya terjadi pada perempuan yang berulang kali melakukan persalinan. Proses persalinan yang sering bisa menyebabkan melemahnya otot sekitar rahim. Namun di zaman sekarang agak jarang menemukan kasus ini mengingat tidak banyak perempuan yang melahirkan lebih dari empat kali sepanjang hidupnya.

Untuk menghindari terjadinya mengejan saat BAB, usahakan bisa BAB setiap hari atau minimal dua hari sekali. Caranya adalah dengan banyak minum air putih di siang hari, minum segelas air hangat putih saat bangun tidur. Selain itu banyak makanan berserat. Jika itu dilakukan, mengejan pun akan jauh dari hidup anda.
Sumber
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 3/08/2014 07:24:00 AM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror