Jumat, April 20, 2012

Candi Borobudur

Candi Borobudur telah dikenal masyarakat dunia. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di abad ke-9 yang berukuran 123 x 123 meter dan dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, terungkap bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak awal dibangun. Nama Borobudur itu konon artinya adalah sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), tapi ada juga yang mengatakan kalau Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi. Candi ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Buddha di kompleksnya.

Bangunan candi Borobudur terdiri dari 10 tingkat punden berundak. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Ini sesuai dengan mahzab Buddha Mahayana, di mana setiap orang yang ingin mencapai tingkat kesempurnaan sebagai Buddha, mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut. Setiap tingkatan memiliki relief-relief indah yang akan terbaca secara runtut bila kamu berjalan searah jarum jam (arah kiri dari pintu masuk candi).
Warga di desa-desa sekitar seperti Karanganyar dan Wanurejo, biasa membuat kerajinan atau souvenir sebagai cinderamata. Kalau ingin lihat panorama candi Borobudur dengan jelas, pergi aja ke puncak Watu Kendil yang tak jauh dari situ.

Fasilitas Objek Wisata Candi Borobudur
Pada area lahan candi Borobudur terdapat sejumlah objek menarik untuk dikunjungi seperti atraksi binatang dan Museum, seperti Museum Karmawibangga dan Museum Samuderaraksa. Sebagai tujuan wisata kelas dunia, komplek Candi Borobudur menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, seperti parkir bis, hotel, restoran, toko Souvenir, mushola, toilet, pusat informasi & telekomunikasi. Untuk mempelajari sejarah lebih dalam, ada baiknya menggunakan jasa touris guide / pemandu wisata yang akan menjelaskan sisi sejarah dan makna arsitektur setiap sudut menarik di dalam komplek candi.

Lokasi : Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.
Tiket masuk : wisatawan lokal Rp. 9.000,- wisatawan asing Rp. 100.000,-
Parkir : motor Rp. 2.000,- mobil Rp. 5.000,-
Waktu berkunjung : setiap hari, mulai pukul 08.00 – 17.00
Akses ke objek wisata : Anda dapat menghubungi rental mobil Jogja, dengan rute melewati Jl. Magelang sampe pertigaan Ngrajek dan dari situ jalan kira-kira 5 km.
Fasilitas : jasa pemandu, taman, penginapan, kantin, tempat parkir, tempat ibadah, WC umum.


TIPS: Jangan sampe lupa buat bawa kamera foto, atau handycam buat mengabadikan momen cantik di tempat ini. Sebaiknya jam berkunjung di pagi atau sore hari karena panas matahari sangat menyengat di siang hari, mengingat jauhnya perjalanan dari pintu masuk menuju candi Borobudur

Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 4/20/2012 03:40:00 PM