Selasa, Januari 01, 2013

Kota Pemegang rekor Terbanyak di Dunia itu Bernama Dubai


                                    Dubai mall. dok pribadi

Seorang rekan TKI pernah berkata, ” Baru berapa bulan saya meninggalkan Dubai, eh, ternyata sudah ada gedung baru lagi.” menggambarkan betapa cepatnya dubai ” berlari”. Bahkan ada yang berpendapat kecepatan pemerintah Dubai dalam menyulap kotanya tercatat sebagai yang tercepat sepanjang sejarah peradaban manusia.

Kota ini juga di kenal sebagai kota ”jadi jadian” yang memegang banyak rekor, sampai saat ini rekor rekor tersebut belum terpecahkan oleh kota kota lain di dunia, bolehlah orang berkata bahwa itu semua adalah proyek mercusuar, hanya untuk gagah gagahan saja, biasalah orang Arab, mungkin mereka bingung kemana mau menghabiskan duitnya.

Terlepas dari itu semua, sebagai TKI yang saat ini nguli di Dubai, saya menyaksikan sendiri betapa pemerintah Dubai emang enggak pernah setengah setengah, kalo mereka udah putuskan untuk membangun sebuah proyek maka proyek itu harus jadi.

Semangat enggak setengah tengah inilah yang harus kita apresiasi.Dulu di Jakarta katanya akan ada proyek angkutan massal yang modern tapi hingga saat ini proyek tersebut enggak jelas lagi khabar beritanya. Ada lagi proyek menara Jakarta, katanya sih bakal di kerjakan dengan serius, mudah mudahan emang serius.

Serius itu penting, karena hanya dengan keseriusan kita dapat meraih kesuksesan, kalo cuma setengah setengah hasilnya juga akan setengah tengah, misalnya serius belajar, Insya allah kita akan berhasil dalam menempuh studi, serius ta’aruf, Insya Allah menikah, serius ngintip di jamin mata bintitan hihihi, dasar dodol…

Belum lama ini sebuah resto yang berlokasi di Burj khalifah mencatatkan dirinya sebagai resto tertinggi di dunia, tentu saja rekor ini akan menambah jumlah rekor yang telah di miliki Dubai, inilah beberapa rekor tersebut menurut kompas travel.

Dubai Mall, tercatat sebagai mall terluas di Dunia, berapa luasnya mall ini? jawabnya adalah 1, 12 juta meter persegi, berapa pula jumlah toko yang terdapat di Dubai mall? jumlahnya 1200 toko coy, kebayang kan, berapa waktu yang harus kita habiskan kalo mau nyamperin semua toko yang ada.

Burj Khalifah, di sebut sebut sebagai gedung paling tinggi sejagat, gedung ini tingginya 818 meter, hampir dua kali tinggi menara petronas di malaysia. Sempat tersendat pembangunannya, berkat ”campur tangan” Sheikh Khalifah ( pemimpin Abu dhabi) akhirnya gedung ini berhasil di selesaikan.

Burj Arab, hotel bintang 7 pertama di dunia, bentuknya yang unik membuat gedung ini pernah menjadi icon Dubai sebelum adanya Burj Khalifah. Penasaran dengan tarif kamarnya? untuk menginap di Burj Arab, kita harus punya fulus minimal 1800 $. tarif termahal kamar di Burj Arab mencapai 18000 $, jadi bingung, siapa yang mau menginap di sana ya?

Terminal 3 bandara international Dubai, tercatat sebagai gedung terbesar di dunia menurut luas lantai.Luasnya mencapai 370 hektar dan mampu menampung sampai 43 juta penumpang tiap tahunnya.Terminal ini juga di kenal sebagai markasnya Emirates.

Palm Jumeirah, pulau buatan terbesar di dunia, luasnya sama dengan 800 kali lapangan sepak bola,di atas pulau canggih ini di bangun hotel hotel mewah yang membuatnya menjadi kawasan mewah di Dubai.

Dubai Fountain, tercatat sebagai air mancur terbesar dan tertinggi di dunia, lokasinya sangat dekat dengan Burj Khalifah, air mancur ini mampu menyemprotkan air hingga setinggi 275 meter setara dengan tinggi gedung berlantai 50. berapa banyak air yang bisa di semprotkan? kurang lebih 22.000 galon air.

Dubai Aquarium, tercatat sebagai aquarium yang memiliki panel terbesar di dunia,panel raksasa ini tebalnya 0,75 meter, lebar 32, 88 meter, Aquarium ini terdapat di dalam Dubai mall.

Dubai Ski adalah arena indoor ski yang pertama dan terbesar di dunia, panjang lintasan ski buatan ini mencapai 400 meter. Dubai Ski berlokasi di dalam Emirates mall, saya dan kang Rifki(kompasianer jakarta) pernah kopdar di sini.

Dubai Metro adalah sistem angkutan kereta otomatis terpanjang di dunia,panjangnya mencapai 72 kilometer mengalahkan Voncouver SkyTrain yang ada di kanada. Dubai Metro di kendalikan tampa sopir walau tampa sopir sistem keamanan Dubai metro termasuk yang paling aman sedunia.

Sebenarnya masih ada rekor rekor yang lain seperti Dubai Marina dan Dubai land, tapi nantinya tulisan ini akan semakin panjang. Kota Dubai yang dulunya hanya kampung nelayan kecil sekarang telah menjelma menjadi salah satu kota paling modern di dunia.

Segala fasilitas umum di kendalikan oleh komputer, baik itu tempat parkir, tempat mengisi kartu tranportasi, tempat sampahnya juga modern karena terbagi atas 3 bagian, jadi kita dapat membuang sampah di tempat yang sesuai. Taman taman kota j banyak tersebar di seluruh sudut kota, di kelolal dengan secara profesional karena itu kita harus membayar tiket masuk jika berkunjung taman taman tersebut. Dengan banyaknya

nangkring di terminal 3 bandara Dubai. dok pribadi

taman maka kota Dubai tampak lebih hijau. Sekian dulu tulisan saya karena mau nguli lagi hihihihi.

Sumber:http://luar-negeri.kompasiana.com/2012/04/26/kota-pemegang-rekor-terbanyak-di-dunia-itu-bernama-dubai-457676.html
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 1/01/2013 10:33:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror