Rabu, Februari 20, 2013

Ilmuwan Jepang Pecahkan Teori Matematika Paling Kompleks Di Dunia

Salah satu teori matematika paling kompleks di dunia dilaporkan telah berhasil dipecahkan oleh ilmuwan matematika Jepang Shinichi Mochizuki.

Pada akhir Agustus, Mochizuki menerbitkan empat makalah pada website-nya yang menunjukkan bagaimana ia telah berhasil memecahkan teori matematika rumit tersebut. Makalah setebal 500 halaman itu merinci metodenya, termasuk didalamnya serangkaian PDF berjudul "Teori Teichm├╝ller."

Teori yang Mochizuki berusaha untuk buktikan adalah "abc conjecture". Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh matematikawan Inggris David Masser, bersama dengan ilmuan Perancis Joseph Oesterle, pada tahun 1985.

Teori ini menyatakan bahwa untuk bilangan bulat a + b = c, bagian bebas dari sebuah persegi selalu memiliki nilai minimum lebih besar dari nol (0) dan hampir selalu tidak terlalu lebih kecil dari satu (1).

Mochizuki, 43 tahun, dikenal memiliki catatan yang luar biasa dalam bidang matematika lanjutan, dan dengan makalahnya ini semakin membuktikan kredibilitasnya serta menambah panjang daftar prestasinya.

Meskipun mungkin masih memakan waktu yang lama untuk memvalidasi klaimnya, namun makalah ini bisa menjadi pencapaian matematika terbesar abad ini.
Sumber

Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 2/20/2013 12:01:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror