Senin, Maret 18, 2013

4 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Makan


Makan berat di siang atau malam hari sering menjadi masalah untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Namun agar makanan yang masuk di dalam perut tidak serta merta berubah menjadi lemak dan membuat perut buncit, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan setelah makan.

Makan di restoran besar yang menyajikan makanan terbaik dapat membuat Anda kalap mata dan mulut, sehingga makan dengan porsi besar atau makan berat. Tapi beberapa cara dapat membuat Anda terhindar dari penumpukan lemak.

Berikut yang sebaiknya dilakukan saat Anda selesai makan, seperti dilansir boldsky :

1. Istirahat sebentar
Setelah makan berat, Anda harus beristirahat sebentar sebelum melanjutkan aktivitas lainnya. Hal ini membantu fungsi sistem pencernaan agar bekerja dengan tepat.

Anda harus menyadari perasaan lelah setelah makan berat. Saat makan berat, otak mengalihkan energi ke pencernaan. Sel darah merah dikirim dari otak untuk menghancurkan partikel makan dan menyerap nutrisinya. Inilah sebabnya, disarankan untuk duduk beberapa menit, tapi jangan sampai tertidur. Istirahat maksimum 15-20 menit untuk menghindari timbunan lemak.

2. Berjalan
Bila Anda makan lebih banyak dari yang dibutuhkan, tubuh akan menemukan kesulitan untuk berdiri. Bunuh kemalasan dengan berjalan-jalan setelah Anda beristirahat selama beberapa menit.

Jangan jalan berlebihan atau terlibat dalam aktivitas fisik yang membutuhkan kekuatan dan energi lebih. Hal ini karena sebagian besar energi tubuh sedang digunakan untuk menghancurkan makanan, sehingga Anda tidak akan memiliki cukup kekuatan untuk menjalankan kegiatan yang lain. Jalan-jalan ringan membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan dan membuat Anda merasa ringan.

3. Minum teh hijau
Setelah makan berat, Anda harus makan atau minum sesuatu yang memudahkan proses pencernaan. Untuk mencerna makanan dengan mudah, minum teh hijau setelah makan dapat mengurangi rasa perut begah (perut terasa penuh karena terlalu kenyang).

Teh hijau adalah minuman herbal yang meningkatkan kerja sistem pencernaan. Teh herbal lain seperti chamomile, jahe, peppermint atau daun mint juga efektif untuk mempromosikan kerja pencernaan. Selain itu, teh-teh herbal ini juga membersihkan racun dari tubuh.

4. Minum air hangat
Air panas atau hangat dianggap sebagai minuman yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jika Anda sedang diet tetapi harus makan berat, minumlah air hangat setelahnya tapi langsung setelah makan.

Istirahatkan perut sekitar 25-30 menit dan kemudian baru minum. Anda juga dapat menambahkan jus lemon untuk meningkatkan kerja pencernaan. Asam dalam jus lemon membantu membakar timbunan lemak, mencegah masalah lambung dan juga meningkatkan kecepatan pencernaan.
via detikHealth

Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 3/18/2013 07:18:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror