Sabtu, Mei 31, 2014

Bom Terbesar Dalam Sejarah Umat Manusia


                     Ledakan Tsar Bomba Milik Uni Soviet

Tepat pada tanggal 30 Oktober 1961, Uni Soviet (sekarang Rusia) merayakan keberhasilannya menciptakan Raja Diraja Bom, yang bertipe Termonuklir. Disebut sebagai Raja Diraja Bom dikarenakan daya ledaknya yang belum ada tandingannya hingga saat ini. Bom ini termasuk bom hidrogen dengan kemampuannya yang sangat luar biasa.

Yang aneh dari temuan ilmuwan Rusia ini adalah bahwa bom tersebut dibuat hanya dua buah, satu yang sudah diledakkan yang artinya sudah tidak ada lagi, dan satunya hanya diciptakan sebagai “duplikat” Bom Tsar, dan disimpan sebagai memory saja. Bahkan Rusia tidak menunjukkan indikasi sedang dan akan memproduksi bom Tsar ini dalam jumlah besar sampai setakat ini, entah masa yang akan datang.

Disebabkan publikasi yang kurang gencar dan temporer saja, tidak sehebat bom nuklir buatan Amerika Serikat, yang sudah menggemparkan Perang Dunia II dan digembar-gemporkan sebagai bom terhebat sepanjang sejarah pada zamannya, saat meluluhlantakkan Nagasaki dan Hiroshima, Bom Tsar tidak menjadi berita populer di kalangan umum.

Penemu bom yaitu Tim perancang adalah tim fisikawan yang dipimpin oleh Julii Borisovich Khariton dan Andrei Sakharov, Victor Adamsky, Yuri Babayev, Yuri Smirnov, dan Yuri Trutnev

Bom Tsar yang dibuat hanya dalam 15 minggu ini. sampai kini masih sebagai bom terhebat sepanjang zaman. Untuk Bom Tsar seberat 27 ton, panjang 8 meter dan diameter 2 meter, dengan daya ledak sebesar 50 Megaton TNT, menghasilkan identitas sebagai berikut :
Membentuk awan jamur setinggi 64 km
Dasar awan jamur selebar 40 km
Ledakannya sepuluh kali lipat dibandingkan dengan seluruh bom yang meledak di Perang Dunia II, termasuk nuklir Nagasaki dan Hiroshima, dan 30.000 kali lipat ledakan Hiroshima dan Nagasaki.
Ledakannya menyebabkan gangguan radio komunikasi selama beberapa jam
Kilau cahayanya sangat terang dan meskipun langit mendung, dapat terlihat hingga 1000 km
Selama ini tidak ada manusia yang mati karena bom Tsar ini
Jika bom tersebut diledakkan di dalam bumi, mampu menghasilkan gempa setara 7.1 skala richter.
Peledakan 10,5 km di atas permukaan tanah, jilatan apinya mampu mencapai bumi
Menyisakan sampah radioaktif yang kecil
Panas dari ledakan dapat menyebabkan luka bakar tingkat tiga dalam radius 100 km dari dari titik ledak
Menghasilkan efek Thermal Pulse sejarak 270 km dan lama ledakan sekitar 46 menit.
Rencananya akan diledakkan 100 megaton, tetapi tidak dilaksanakan sebab mempertimbangkan akibatnya bagi atmosfir.
Dengan kemampuan menciptakan dan kepemilikan bom hidrogen ini, kekuatan Rusia mampu menghancurkan seluruh daratan Amerika Serikat, Benua Eropa, Asia, Afrika dan seluruh negara di dunia ini. Setelah tanggal 1 Oktober 1961 tersebut, kedua pihak baik Amerika Serikat maupun Rusia tidak melakukan uji coba bom lagi yang artinya Amerika Serikat belum mampu menciptakan bom yang melebihi Bom Tsar Rusia ini.
sumber: kompasiana
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 5/31/2014 09:33:00 PM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror