Kamis, September 27, 2012

Kenapa Alm. Gus Dur Suka Menziarahi Makam “Keramat”

Kenapa Alm. Gus Dur Suka Menziarahi Makam “Keramat”. Dalam salah satu postingan group di FB ” Kongkow Bareng Gus Dur” mengungkap, mengapa dulu semasa hidup Alm KH. Abdurrahman Wahid, Mantan Presiden, Mantan Ketua Umum PBNU 2 periode dan segudang sebutan lain yang melekat padanya, selalu menziarahi makam “keramat” tertentu, yang bagi kalangan nahdliyin dipercayai sebagai wali atau orang sholeh. Mereka para “Wali Songo” itu misalnya, dan beberapa lainnya yang dipercayai sebagai wali, adalah orang yang dianggap berjasa menyebarkan agama Islam di Nusantara, termasuk penerusnya yang dengan perjuangan dan kelebihan luar biasa yang dimiliki secara keilmuan dan keshalehannya, telah membumikan Islam di Indonesia.

Jawaban Gus Dur kala itu sederhana ” Saya menziarahi mereka, karena saya meyakini bahwa mereka sudah tidak punya kepentingan lagi“. Jawaban ini bagi saya merupakan bentuk jawaban cerdas dari Gus Dur, bahwa praktik ziarah kubur itu nilai philosofinya adalah bentuk penghargaan dan pengakuan atas perjuangan mereka, dan sepantasnya kita yang masih hidup menghormati dan mengakuinya dengan berziarah ke makamnya untuk berkirim do’a walau sekedar bacaan surat Al-Fatihah.

Gus Dur seakan menjawab kritikan dan sinisme mereka yang anti ziarah kubur, yang beranggapan bahwa mereka yang berziarah kubur itu musyrik, karena meminta sesuatu “berdo’a” pada orang yang sudah meninggal. Padahal bisa apa orang yang sudah meninggal. Seolah menduakan Allah SWT.

Padahal, saya, dan mungkin orang-orang yang biasa berziarah kubur ke makam orang tua, makam para wali, makam orang-orang Sholah, niatnya adalah tabarruk dengan segala perjuangan menyebarkan Agama Islam, tabarruk dengan segala kesalehannya. Dan pengakuan atas hal itu, kita berdo’a pada Allah agar arwah Almarhum mendapatkan tempat yang layak disisiNya.

Di Daerah saya ada Makam Keramat, tempat peristirahatan terkahirnya Syech Abdul Muhyi Pamijahan. Seorang penyebar Agama Islam di Daerah Priangan. dalam waktu-waktu tertentu suka ramai dikunjungi rombongan penziarah. Di Tengah Situ Panjalu Ciamis ada juga Makam Syech Said Ali, yang semenjak di ziarahi Alm Gus Dur, kini berbondong-bondong orang dari berbagai daeah juga menziarahinya, karena beliau juga termasuk pejuang Islam yang kala itu berhasil menaklukan Raja Pajajaran. Dan banyak lagi Makam-makam para “wali” yang biasa dikunjungi oleh rombongan ummat Islam. Di Cirebon, Banten dan Sepanjang pulau Jawa Hingga Madura.

Satu hal yang penting, jika kita hendak berziarah. Ingatlah apa kata Gus Dur tadi, mereka sudah tak punya kepentingan, dan kita yang datang jangan bawa kepentingan. Luruskan saja niat hendak tafakkur dan tadabbur atas segala perjuangan dan keshalehan mereka. Kita berkirim do’a dan bacaan-bacaan apapun yang memang kita yakini dan niatkan pahalanya untuk mereka. Kita hanya meminta pada Allah SWT semata, jika kita memerlukan wasilah tabarruk atas segala keistimewaan mereka, yakinlah bahwa Allah lebih mengetahui apapun yang tersirat dalam hati dan bathin kita.

Rasulullah SAW sendiri awalnya pernah melarang melakukan ziarah kubur, karena dikhawatirkan akan tercipta praktik kemusyrikan. Namun kemudian Rasul memerintahkan lagi ” Nahaitukum an ziaratil kubri, fazuuruuha” Aku melarang kalian ziarah kubur, berziarahlah”. Sebuah hukum yang awalnya larangan, lalu kemudian diperintahkan, maka hukumnya menjadi mubah (boleh). Karena dalam ziarah kubur itu kita bisa mengambil I’tibar, mengingatkan kita akan kematian. Bahwa semua kita pun akan mengalami nasib yang sama. Dimasukan ke dalam kubur.

Sehigga dari sana kita akan diingatkan untuk terus memperbaiki kualitas hdup kita, meningkatkan ketaatan dan pengabdian kita kepada Tuhan. Jangan sampai kita terkena penyakit Wahn, yaitu penyakit “Hubbuddunya Wakaraahiatul Maut” terlalu mencintai dunia dan membenci kematian. Padahal kematian merupakan sesuatu yang pasti.

Lalu apakah bacaan dan Do’a yang kita sampaikan kepada mereka yang berada di alam kubur akan sampai kepada mereka? Saya yakin sampai. Bukankah ada hadist nabi mengatakan ” Apabila meninggal Anak Adam, maka putuslah amalnya kecuali 3 hal: Shadaqoh jariah, Ilmu yang bermanfaat, serta do’anya anak yang sholeh”. Tak percaya? silahkan mati duluan ya, nanti kabari saya…hehehe

Sumber
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 9/27/2012 07:11:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror