Minggu, September 06, 2015

Pulau Terpadat di Dunia ini Ternyata ada di Indonesia Kamu Mau Tahu Seperti Apa

Dunia ini terbentang luas oleh beberapa samudra yang di dalamnya terdapat sejumlah negara dengan jumlah penduduk yang berbeda – beda. Dan tahukah kamu jika negara Indonesia ternyata merupakan negara kepulauan dengan penduduk terpadat di dunia.
Pulau terpadat yang ada di Indonesia ini terletak di Pulau Bungin di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kepadatan penduduk di negara tersebut hingga tidak ada lahan kosong, seluruh daratannya dipenuhi rumah-rumah penduduk.
Bahkan pulau Bungin ini tidak memiliki garis pantai karena sepanjang pesisir pulaunya seluruhnya dibangun menjadi tempat tinggal. Pada dasarnya pulau Bungin ini adalah pulau yang memiliki luas 8,5 hektar dengan jumlah penduduk 3.400 jiwa.
Yang menjadi faktor kepadatan penduduk di pulau Bungin ini karena penduduknya jarang yang berpindah keluar pulau dan memilih menetap di pulau tersebut. Sehingga semakin tahun pulau Bungin ini menjadi ramai penduduk hingga kehabisan lahan untuk dibangun perumahan penduduk.
Di pulau Bungin ini kondisinya terlihat sangat sesak bahkan jarang sekali ditemui lahan seperti kebun dan sangat jarang pepohonan tumbuh.
Akibat tidak ada tumbuh – tumbuhan yang hidup di sana sehingga hewan – hewan ternak seperti kambing pun memiliki pola makan yang berbeda yakni makan kertas dan makanan – makanan bekas lainnya.
Saking padatnya lokasi di pulau Bungin ini , pemerintah menetapkan bagi warga yang hendak membangun rumah baru, harus mereklamasi pulau dengan menguruk lautan dengan karang. Akibat bertambahnya rumah, ukuran Pulau Bungin pun semakin bertambah luas dari waktu ke waktu.
Malangnya lagi akibat keterbatasan lahan untuk membuat rumah . Ada salah satu keluarga yang terpaksa harus hidup dalam satu atap.
Untuk diketahui jika masyarakat kepulauan Bungin ini mayoritas keturunan Suku Bajo, dari Sulawesi, yang dikenal sebagai suku pengembara laut dan penyelam ulung. Masyarakat disana memiliki adat jika bayi yang dilahirkan harus mengikuti tradisi Upacara Toyah.
Sumber
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 9/06/2015 05:07:00 PM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror