Rabu, Januari 30, 2013

Beberapa Alasan Orang Membuat Blog dan Mulai Menulis

Dewasa ini dukungan penyedia blog gratisan membuat orang dengan kemampuan menggunakan komputer dan memiliki akses internet bisa membuat blog dan mulai menulis dalam beberapa menit. Blog baru bermunculan dengan bermacam topik dan tentu saja dengan berbagai macam alasan. Menurut Harmony Magazine, seseorang pasti memiliki alasan memulai sebuah blog. Tapi, kenapa orang memulai ngeblog? Apa motivasi orang-orang menulis buah pikiran dan idenya di blog? Berikut diantaranya.

Menyebarkan ilmu


Jika anda adalah seorang ahli dalam sebuah persoalan, anda dapat memulai blog untuk mengajari orang tentang topik tersebut. Sebagai contoh anda memiliki kemampuan dalam hal origami, anda dapat menggunakan pekerjaan tangan anda untuk mengajari orang cara membuat origami yang baik. Anda bisa menulis instrukis langkah demi langkah dan menggunakan gambar yang memperlihatkan pekerjaan anda dari awal sampai akhir.

Jika anda adalah dosen atau ahli dalam ilmu eksak tertentu, anda bisa membuat blog untuk mempermudah orang lain memperoleh pendidikan. Harmony Magazine sendiri sangat menyukai blog Dongeng Geologi milik pak Rovicky yang tulisannya sangat ilmiah dan sesuai dengan profesi beliau yang seorang geologis. Dari blog Dongeng Geologi ini saya mendapatkan banyak ilmu tentang geologi yang tidak saya dapatkan dari bangku sekolah. Selain itu, jika anda beragama Islam, anda pasti tahu dan yakin bahwa amal yang tidak akan putus (jariyah) salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat.

Mengubah dunia dan menolong orang lain

Sebagian orang lainnya membuat blog untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu spesifik atau kejadian yang dekat dengan hatinya. Seringkali juga bertujuan untuk menggiring orang berpikir ke arah tertentu. Umumnya, blog bertema politik dan sosial merupakan jenis blog yang dibuat untuk tujuan ini. Untuk yang ini kita mengambil contoh blog Blood For life yang merupakan manifestasi dari gerakan dengan nama yang sama.

Beberapa orang juga membuat blog untuk membantu orang lain yang mungkin mengalami situasi tertentu, misalnya penyakit kritis, pelecehan seksual atau pendidikan menjadi orang tua. Tipe blog seperti ini sangat bagus untuk mereka yang memiliki keinginan untuk berhubungan dengan orang yang mengalami problem yang sama untuk berbagi pemikiran, sudut pandang dan nasehat kepada mereka yang membutuhkan.

Menambah traffic ke website
Sekarang ini banyak perusahaan yang membuat blog sebagai cara untuk mengarahkan traffic ke website perusahaan. Sebuah blog adalah salah satu cara yang baik untuk berhubungan dengan pelanggan anda dan membuat calon pelanggan melihat website anda itu seperti apa dan apa yang anda jual. Hal ini tentu saja meningkatkan probabilitas produk atau jasa anda terjual. Yang paling banyak menerapkan hal semacam ini adalah perusahaan hosting luar negeri seperti Stablehost.

Untuk mencari uang

Banyak orang, bahkan mayoritas blogger baru membuat blog untuk mendapatkan uang. Bukan suatu yang salah membuat blog untuk menghasilkan uang, meskipun sebenarnya mencari uang dengan blog membutuhkan komitmen dan kerja keras untuk mendapatkan hasil. Potensi penghasilan yang besar memang membuat banyak blogger menginvestasikan waktu dan usahanya untuk menghasilkan banyak uang dari ngeblog. Yang terpenting adalah mengingat bahwa semuanya butuh proses supaya tidak putus asa.

Bersenang-senang
Pada akhirnya, banyak orang ngeblog untuk sekedar bersenang-senang. Orang yang membuat blog seperti ini tidak peduli dengan apapun, yang penting adalah ia menuangkan apa saja isi kepalanya di dalam tulisan yang ia terbitkan di blog.

Kalo kita amati blog yang sukses adalah ketika sang blogger memiliki ketertarikan dan keahlian pada topik yang ia tulis di blog dan dapat membagi ketertarikan itu dengan pembacanya. Ketika anda menikmati sebuah topik, anda akan lebih mudah menulis dan terhubung dengan pembaca anda. Bagaimana menurut anda? Apa alasan anda ngeblog?
Sumber
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 1/30/2013 10:06:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror