Rabu, Januari 30, 2013

Ternyata Chatinone Jadi Bahan Minuman Jus di Israel


Chatinone sedang jadi pembicaraan, setelah zat ini terbukti dikonsumsi tujuh orang yang diciduk di kediaman Raffi Ahmad pada akhir pekan lalu. Meski dilarang di sejumlah negara, ada juga yang melegalkan zat yang memberi efek euforia. Bahkan di Israel, chatinone dibuat sebagai bahan untuk jus.

Chatinone adalah sebuah zat kimia ditemukan di tumbuhan catha edulis atau yang biasa disebut khat. Tumbuhan khat inilah yang menjadi bahan jus chatinone di Israel.

Seperti dikutip dari ekhat.org, Selasa (29/1/2013), jus tersebut cukup kondang hampir di seantero Israel dan beberapa wilayah di Timur Tengah. Bahan dasar jus diambil dari daun dan tunas tumbuhan khat.

Untuk membuat jus khat sama seperti dengan meracik jus lainnya. Daun dan tunas khat dicuci, lalu diblender atau ditumbuk setelah sebelumnya dicampur dengan air. Bisa juga ditambah gula sebagai penambah rasa.

Di Israel, tanaman khat dinyatakan legal dan banyak dijual di kota besar seperti Yerusalem dan Tel Aviv. Namun konsumsi jus khat secara besar-besaran pernah menimbulkan masalah. Pada Agustus 2012 lalu, kepolisian Israel menangkap 6 penjual jus khat yang membuat campuran minuman dengan kadar chatinone cukup tinggi.

Hal ini memang sejalan dengan kebijakan pemerintah Israel yang mengatur peredaran dan kadar Chatinone hanya dalam kadar tertentu saja. Jus ini juga digemari oleh kaum hawa karena efeknya yang dapat mengurangi nafsu makan.

Karena kebijakan yang membolehkan peredaran khat ini, di tahun 2003 beredar luas di kalangan masyarakat Israel, pil yang mengandung chatinone yang biasa dikenal dengan nama Hagigat. Namun tak lama kemudian, seperti dilansir Guardian, muncul banyak kasus warga yang dilarikan ke rumah sakit karena chatinone dalam jumlah besar pada pil Hagigat itu.

Chatinone memang bisa menimbulkan efek pusing, 'melayang' serta efek candu. Dalam beberapa kasus, zat itu juga bisa membuat orang menjadi lebih agresif. Ujung-ujungnya, peredaran Hagigat pun dilarang di Israel.
Sumber : http://news.detik.com
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 1/30/2013 05:20:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror