Minggu, Desember 30, 2012

5 Rekor Sejarah ala Jokowi


JakartaGubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berani keluar dari pakem tetapi tetap dalam batasan-batasan. Ia menorehkan gebrakan yang tidak biasa dan pertama terjadi dalam sejarah di Ibukota.

Jokowi hadir dengan membawa misi bagi perubahan wajah Jakarta. Ia mendobrak tembok-tembok pembatas antara sang pemimpin dengan warganya.

Suami Iriana ini selalu ingin jajarannya dekat dengan warga, melayani serta membela kepentingan 'orang pinggiran' tanpa pamrih.

Berikut 5 aksi Jokowi yang tercatat pertama dalam sejarah Jakarta:

1. Pelantikan di Kampung Kumuh
Pertama kali dalam sejarah Jakarta, Wali Kota terpilih dilantik di sebuah kampung kumuh. Peristiwa ini dialami oleh Wali Kota Jakarta Timur baru, Krisdianto.

Krisdianto dilantik Jokowi di Kampung Pulo Jahe, Jatinegara, Cakung, Jakarta Barat pada Kamis 20 Desember 2012 pukul 08.00 WIB. Teng!

Pelantikan dipayungi sinar matahari nan terik dan berlangsung sederhana tanpa tenda mewah dan sajian makanan berkelas. Acara ini disaksikan warga kampung setempat.

"Biar ngerti permasalahan di kampung," kata Jokowi memberi alasan.

Jokowi juga memberi kepastian, pelantikan seperti ini tak akan terjadi sekali. Ke depan, mungkin saja pejabat-pejabat lain dilantik di lokasi di tengah kampung atau di pinggir kali, agar dekat dengan masalah bidang kerjanya.

Krisdianto justru terkesan dengan keputusan Jokowi. Langkah Jokowi memberikan inspirasi baginya untuk dekat dengan warga dan tidak menghindari masalah yang dihadapi warganya.

2. Car Free Night
Jokowi akan menggelar sebuah acara spektakuler pada malam pergantian tahun 31 Desember 2012 mendatang. Dia membuat acara car free night sepanjang jalur Sudirman-Thamrin.

Jalan sepanjang 7 km ini akan ditutup dan dijadikan kawasan bebas kendaraan bermotor pada malam hari (car free night) yang baru pertama kali diterapkan saat pesta Tahun Baru di Ibukota.

Selama car free night akan ada 16 panggung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin-Medan Merdeka. Selain panggung juga akan diadakan karnaval. Berbagai hiburan sudah disiapkan di panggung-panggung tersebut seperti gambang kromong, Keroncong Tugu dan campur sari. Rencananya acara car free night akan berlangsung pukul 21.00 WIB - 02.00 WIB tanggal 31 Desember-1 Januari.

3. Ruang Terbuka Hijau Rp 1,05 Triliun
Jokowi segera merealisasikan keinginannya agar Jakarta memiliki taman yang dapat dibanggakan sekaligus menjadi ikon ibu kota. Tak tanggung-tanggung, dana sebesar Rp 1,05 triliun siap digelontorkan untuk pembangunan taman tersebut.

"Anggarannya 1 triliun 50 miliar, dari. APBD semua. Adalah duitnya ada, lokasinya di taman BMW," kata Jokowi usai menghadiri acara peresmian "Arena Taufik" miliki Taufik Hidayat di Jalan PKP Kelapa Dua Wetan, Jakarta Timur, Senin (10/12/2012).

Gebrakan Jokowi ternyata merupakan rekor sejarah anggaran RTH DKI Jakarta.

"Ini angka yang luar biasa. Nggak ada sejarah sebelumnya Gubernur mengusulkan anggaran RTH sebesar ini. Dulu sangat terbatas, anggarannya cuma bisa nambah 0.05% setiap tahunnya," kata pengamat tata kota Yayat Supriyatna.

4. Pajak Online Diaudit BPK
Jakarta akan menerapkan pajak online yang diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan menggunakan Sinergi Nasional Sistem Informasi (SNSI). Jokowi pun bangga Jakarta menerapkan hal itu.

"Saya senang sekali karena Pemprov DKI menjadi yang pertama model yang diaudit," ujar Jokowi dalam acara Implementasi E-audit untuk Mencegah Korupsi bersama Ketua BPK Hadi Purnomo di Gedung BPK Perwakilan Provinsi DKI, Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, Kamis (13/12/2012).

Menurut Jokowi, dengan sistem tersebut, dia setiap hari dapat mengetahui tambahan uang dari pajak setiap saat.

"Setiap menit berapa, hari ini berapa, besok berapa, tahun depan berapa, bisa saya tahu. Bisa kita lihat menit ke menit, kemudian sisi penggunaannya uang Rp 1.000, Rp 1 miliar, Rp 1 triliun dipakai untuk apa, jadi bisa dilihat dari hari ke hari," beber Jokowi.

Jokowi mengklaim, dinas-dinas sudah siap dan semuanya dikoneksikan agar menjadi sistem terpadu.

"Semua nanti akan di-online-kan seperti pajak restoran, pajak reklame, parkir. Jadi semuanya nanti bisa terkoneksi," tutur Jokowi yang mengenakan batik coklat ini.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua BPK Hadi Purnomo
mengaku optimistis, penerapan SNSI akan memberikan pemeriksaan yang berkualitas. Bagi DKI, akan terlihat peningkatan kinerja dan pencegahan korupsi dapat dilakukan secara sistemik.

"Penerimaan negara meningkat dan pengeluaran negara bisa lebih efisien dan efektif," kata Hadi.

SNSI merupakan sebuah sistem yang membentuk sinergi antara sistem informasi-informasi internal BPK atau e-BPK dengan sistem informasi milik entitas pemeriksaan atau e-audit melalui sebuah komunikasi data secara online dan membentuk pusat data pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara atau pusat data BPK.

5. UMP Rp 2,2 Juta Tertinggi
Jokowi resmi mengetok UMP DKI Jakarta Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 DKI Jakarta sebesar Rp 2,2 juta/bulan atau naik 44 persen. Angka tersebut dinilai upah tertinggi pertama di Jakarta. UMP ini dinilai Jokowi sudah adil.

Ayah 3 anak ini beralasan, sebelum UMP DKI diputuskan, pihaknya sudah mengundang berbagai pihak termasuk Apindo.

"Kan sudah ketemu serikat dan pengusaha sudah ketemu. Tahapan-tahapan ramainya sudah dilalui, terakhir kan Rp 2,26 juta berapa terus saya ketok (diputuskan) jadi Rp 2,2 juta sudah lewat itu semua," tutur Jokowi di Kementerian BUMN Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Keputusan Jokowi disambut sorak gembira buruh. Namun, Jokowi juga tidak luput dari kritik pedas Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Bahkan, ia terancam digugat. Gugatan itu ditanggapi Jokowi adem ayem.

Sumber:http://news.detik.com/read/2012/12/21/112818/2124370/10/6/5-rekor-sejarah-ala-jokowi
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 12/30/2012 12:25:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror