Minggu, Desember 30, 2012

Jokowi Siapkan Program Kejutan untuk Atasi Banjir


Wakil Gubernur DKI Jakarta  Basuki Tjahja Purnama atau biasa disapa Ahok mengatakan Pemerintah DKI tengah menyiapkan program kejutan untuk menanggulangi banjir dan kemacaten.

"Pak Gubernur (Jokowi) akan melakukan sesuatu yang luar biasa, pokoknya tahun depan ada kejutan luar biasa, kita ada sisa uang untuk membuat terobosan guna menyelesaikan macet dan banjir secepat mungkin," ujar Ahok Senin malam, 24 Desember 2012.

Seperti dikatahui, hingga kini pengesahan pengajuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI sebesar Rp 46 triliun belum disahkan kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta. Padahal anggaran itu penting untuk merealisasikan progrem kerja pemerintah provinsi.

Ahok mengatakan pelaksanaan program tersebut menggunakan anggaran sisa tahun ini sebesar Rp 5 triliun. Rencannya program tersebut dilaksanakan secara bertahap dalam beberapa tahun. "Ada yang lima tahun, tiga tahun, dua tahun hingga satu tahun," ujarnya.

Masih tingginya frekuensi hujan saat ini, kata dia, mesti dibarengi dengan upaya keras pengerukan yang dilakukan petugas di lapangan. Sehingga penumpukan sampah dan lumpur di sebagian besar sungai Jakarta segera teratasi. "Makanya hari Sabtu kami keliling, dan hari Minggu kami lihat lagi," kata Ahok.

Namun dalam kesempatan itu, Ahok enggan menjelaskan program kejutan yang tengah disiapkan bos-nya itu. "Nanti saya tanya pak Gubernur, beliau yang punya ide semuanya," ujarnya.

Seperti dikatahui, tingginya intensitas hujan dalam sepekan terakhir membuat kawasan Ibu Kota kembali terendam banjir. Buruknya drainase serta lemahnya tata kelola air Jakarta menyebabkan kawasan sepanjang sungai Ciliwung atau aliran sungai lainnya kerap meluap saat hujan tiba.

Kondisi ini diperparah seiring meningkatnya debit hujan yang menggunakan pintu air Katulampa Bogor, sementara sebagian besar sungai di Jakarta dalam kondisi dangkal dan sempit akibat bangunan liar yang berdiri sepanjang sungai. Banjir dengan ketinggian di atas dua meter terjadi dimana-mana menggenangi pemukiman penduduk.

Sumber:http://www.tempo.co/read/news/2012/12/25/083450267/Jokowi-Siapkan-Program-Kejutan-untuk-Atasi-Banjir


Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 12/30/2012 12:17:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror