Senin, September 07, 2015

Sejarah di Balik Berdirinya Patung Liberty

Sejarah di Balik Berdirinya Patung Liberty – Liberty Enlightening the World atau yang lebih dikenal dengan Statue of Liberty dan Patung Liberty (dalam bahasa Indonesia) merupakan sebuah patung dengan ukuran raksasa yang berada di wilayah Pulau Liberty.

Patung ini merupakan hadiah dari Perancis pada Amerika Serikat di akhir abad ke 19. Patung suatu simbol selamat datang bagi pengunjung, imigran serta orang Amerika yang kembali.

Karya desainer ternama dan desainer perancang Menara Eiffel

Patung perunggu ini diresmikan pada 28 Oktober 1886 termasuk hadiah 100 tahun kemerdekaan di Amerika Serikat sekaligus sebagai ungkapan persahabatan kedua negara (Perancis-Amerika Serikat). Pemahat patung ini adalah Frederic Auguste Bartholdi serta Gustave Eiffel yang merupakan desainer dari Menara Eiffel yang bertugas struktur penyangga di bagian dalamnya.

Patung Liberty merupakan salah satu lambang dari AS yang sangat terkenal di seluruh dunia, ini sekaligus menjadi lambang dari kebebasan dan kemerdekaan atas tekanan.

Arti sosok patung liberty sebagai simbol kemerdekaan us

Setelah selesai dirancang di Perancis, patung yang satu ini sempat dibongkar kemudian dikemas ke dalam 200 muatan besar untuk segera dikirim ke Amerika. Patung Liberty lalu disusun kembali pada sebuah daerah bernama Bedloe’s Island, mulut pelabuhan New York.

Sedemikian lamanya proses di dalam pengepakan ini menjadikan Patung Liberty baru dapat diresmikan pada 28 Oktober 1886 atau sekitar 10 tahun setelah HUT kemerdekaan yang ke 100 Amerika. Dengan tingginya yang mencapai 46 meter serta berat 204 ton, Patung Liberty ini berdiri di atas sebuah landasan dengan tinggi yang mencapai 46 meter.

Dewi perlambang kebebasan rakyat

Di bagian depan tablet Patung Liberty juga bertuliskan tanggal kemerdekaan US yaitu tanggal 4 Juli 1774. Selain itu terdapat sebuah rantai patah di bagian kaki sang dewi (sosok Patung Liberty) yang juga melambangkan kebebasan dari seluruh rakyat US dari berbagai macam bentuk penindasan dan juga penjajahan.

Maka dengan demikian lengkap sudah arti dari berbagai macam benda yang bisa anda lihat pada sosok sang dewi Patung Liberty.
Sumber
Galery Berita Unik Dan Menarik
Galery Berita unik dan Menarik Updated at: 9/07/2015 09:19:00 PM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Xpresikan Komentar sobat disini sesuka hati, sesuai dengan Tuntunan Demokrasi dan tanpa menyakiti siapapun yang tak layak disakiti !!!
No Spam
No Life Link
No Sara
No Teror